Panduan Cara Reset HP Xiaomi untuk Semua Tipe

Cara melakukan hard reset dan factory reset pada perangkat android xiaomi sangatlah mudah, kedua cara tersebut sudah kami rangkum di cara reset xiaomi ini dan sudah dapat anda praktekkan. Seperti yang kita tau, Xiaomi merupakan salah satu vendor asal Cina yang berhasil melakukan penjualan smartphone besutannya di berbagai negara, salah satunya ialah Indonesia.

Salah satu alasan larisnya smartphone Xiaomi di banyak sekali negara alasannya adalah harganya yang tergolong murah, namun berspesifikasi hardware bagus. Walaupun begitu beberapa penggunanya banyak yang belum mengetahui cara hard reset smartphone Xiaomi apabila terjadi error.

Metode ini biasanya bermanfaat ketika smartphone mengalami bootloop akhir ada error di sistem misal data utama untuk menjalankan Android terhapus secara tidak sengaja. Pastinya sehabis memakai cara ini, semua data yang ada di smartphone akan hilang, maka dari itu lepas microSD terlebih dahulu supaya lebih aman.

Dengan membersihkan smartphone dan mengembalikannya ke setelan pabrikan merupakan langkah terakhir untuk dicoba sebelum pergi ke service center atau malah membeli HP yang baru. Langkahnya pun cukup gampang sehingga harusnya mampu dilakukan oleh siapa pun.

Perbedaan Reset dan Restart
Sebelum di jelasin langkah-langkah reset HP Xiaomi kamu, tau nggak sih kalo kata ‘reset’ dan ‘restart’ itu berbeda

Restart yakni tindakan untuk memulai kembali yang awalnya handphone dalam keadaan menyala, kemudian dikala di restart secara otomatis handphone akan mati dan menyala kembali.

Dengan kata lain, dalam proses ini data yang tersimpan di dalam handphone tetap aman dan tidak akan terhapus. Restart juga sinonim dengan Reboot.

Sedangkan Reset yakni sebuah tindakan untuk menghapus atau mengembalikan semua data maupun settingan yang ada pada handphone menjadi seperti semula atau bawaan pabrik.

Cara Reset HP Xiaomi dengan Mudah
Melakukan Factory Reset/reset pengaturan pabrik seringkali menjadi pilihan para pengguna handphone dikala handphone-nya mulai terasa lambat alasannya yakni terlalu banyak aplikasi dan data yang tersimpan di internal.

Cara Factory Reset Xiaomi Semua Tipe Redmi 4 / 4 Prime / 4X / 4A

Cara ini dapat dilakukan bila smartphone masih dapat masuk ke home screen dan mengakses menu setelan. Untuk melakukan factory reset, ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Buka menu Setelan pada smartphone Xiaomi Redmi 4 / 4 Prime / 4X / 4A.
  2. Selanjutnya pilih Setelan Tambahan.
  3. Lalu pilih submenu Buat Cadangan & Setel Ulang.
  4. Kemudian pilih Kembalikan ke Setelan Pabrik.
  5. Langkah selanjutnya, pilih Setel Ulang Telepon. Konfirmasi dengan memilih hapus.
  6. Tunggu sampai proses factory reset selesai, setelah selesai perangkat Xiomi anda akan melakukan reboot dengan sendirinya.
  7. Selesai.
Jika  ingin mengotak-atik xiaomi yang anda punya, gunakan panduan fastboot xiaomi Cara ini sebenarnya dapat diterapkan untuk Xiaomi tipe lain, anda hanya tinggal menyesuaikan metodenya saja.

Cara Hard Reset Xiaomi Redmi 4 / 4 Prime / 4A / 4X

Sebelum melakukan hard reset pada Xiaomi, upayakan baterai pada smartphone terisi penuh atau minimal 50% agar saat melakukan hard reset dapat berjalan secara lancar. Untuk melakukan hard reset simak langkah-langkah dibawah ini:

  1. Matikan terlebih dahulu perangkat Xiaomi Redmi 4 / 4 Prime / 4X / 4A.
  2. Selanjutnya, masuk ke menu recovery Xiaomi. Caranya, tekan dan tahan tombol Power + Volume UP secara bersamaan sampai muncul logo Xiaomi. Setelah itu anda akan masuk ke Mi recovery.
  3. Lalu akan muncul opsi bahasa, pilih “Bahasa Inggris”.
  4. Kemudian lakukan Hard Reset (Wipe Data), caranya silahkan pilih Wipe Data/ Factory Reset, Kemudian pilih Wipe All Data lalu konfirmasi pilihan dengan mengetuk YES.
  5. Tunggu proses Hard Reset (Wipe Data) Xiaomi Redmi 4 / 4A / 4X selesai. Jika proses telah selesai, silahkan lakukan Reboot pada perangkat Xiaomi anda.
  6. Selesai.

Melakukan hard reset berguna saat sewaktu waktu anda lupa pola pada smartphone, maupun masalah kecil lainnya. Tetapi jika smartphone anda mengalami bootloop, melakukan hard reset tentu tidak akan berhasil. Betul kan cara reset xiaomi sangat mudah? selamat mencoba!

Rating
( No ratings yet )
Suka pos ini? Bagi ke Teman: